Cara Menghitung Jumlah Kayu dalam Satu Meter Kubik (1M3)


Mendapat pengalaman yang sederhana tapi pasti sangat bermanfaat. Ini yang saya alami hari ini (16 November 2014). Dengan menggarap laporan keuangan DAK untuk rehabilitasi sekolah. Pengalaman yang saya maksud adalah cara menghitung jumlah kayu dalam satu meter kubik (1M³).
Ukuran kayu biasanya yang disebut adalah dimensi lebar kali tinggi, sedangkan dimensi panjangnya jarang diucapkan. Jika ada kayu berukuran 4 x 6 yang dimaksud adalah lebar 4 cm, tinggi 6 cm. Panjang kayu biasanya 4 atau 5 meter. Maka untuk mengetahui jumlah kayu dalam satu kubik terlebih dulu semua harus dikonversi dalam ukuran yang sama. Misalnya dalam kasus di atas, cara menghitungnya adalah sebagai berikut:
Lebar : 4 cm
Tinggi : 6 cm
Panjang: 4 m = 400 m
Maka L x T x P = 4 x 6 x 400
Maka ditemukan bahwa volume satu kayu yang dimaksud adalah: 9600
Untuk mengetahui jumlah kayu dengan dimensi 4 x 5 dan panjang 4 m maka jumlah satu kubik (1.000.000) dibagi dengan volume satu potong kayu (9600) maka ditemukan: 104,1667 dibulatkan menjadi 105.
Maka, untuk mendapat ukuran satu meter kubik (1M³) dibutuhkan 105 batang kayu.
Berikut ini saya susun aplikasi sederhana menggunakan MS Excel untuk menghitung jumlah kubik. Semoga bermanfaat bagi para pedagang dan pembeli kayu, pelaksana proyek, dan pembuat laporan.
Share this article :

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah Kayu dalam Satu Meter Kubik (1M3)"

Posting Komentar