Jenis-Jenis Keramik

Kata Keramik awalnya berasal kata keramikos, artinya yaitu suatu wujud atau bentuk yang terbuat dari tanah liat dan telah mengalami proses pembakaran untuk pengerasan-nya. Anda pasti sering mendengar istilah keramik KW 3, KW 2, bahkan KW 1. Jangankan jenis dan kualitasnya, bahkan ciri-ciri fisiknya saja, masih ada orang yang belum mengerti. Sebetulnya sederhana saja bahwa keramik berlabel KW adalah istilah untuk menunjukkan kualitas. Semakin kecil angka label tersebut berarti semakin bagus kualitasnya, semisal KW 1 lebih bagus jika dibanding KW 2 dan begitu seterusnya.
Yang biasa kita temukan di pasaran sebagai berikut di bawah ini:
a. Keramik Biasa
Jenis keramik seperti ini amat mudah ditemukan di pasaran, karena diproduksi memang jauh lebih banyak jika dibanding dengan keramik jenis lain. Bahkan bisa ditemukan di toko bangunan/ matril kecil sekalipun. Ukuran Keramik Biasa ini cukup beragam, mulai dari ukuran 30 cm2 sampai dengan 80 cm2. Ada juga yang berukuran memanjang, salah satunya seperti keramik ukuran 15 cm X 30 cm.

b. Keramik Teraso
Keramik jenis ini termasuk yang digemari dari era 70’an. Keramik teraso juga disukai oleh masyarakat yang ingin suasana tradisional. Ukuran yang ada dipasaran beragam mulai dari keramik berukuran 20 x 20 cm hingga ukuran 60 x 60 cm. Biasanya jenis ini sering kita temui di rumah makan, cafe dan villa yang ber-arsitektur tradisional, mediteranian atau klasik.

c. Keramik Granit Alam
Digunakan oleh masyarakat dari kalangan menengah hingga kalangan atas. Dari segi keindahannya memang dapat membuat rumah Anda tampil lebih asri. Sebab jenis keramik ini termasuk hasil tambang dari alam , tentunya dalam hal harga adalah termasuk yang mahal jika dibandingkan dengan jenis lain.
d. Keramik Homogeneous Tile
Merupakan keramik yang dibuat meniru bentuk fisik batu granit alam atau marmer. Di pasaran jenis keramik ini umumnya dengan ukuran besar sesuai trend saat ini. Seperti ukuran 40 x 40 cm, 60 x 60 cm, bahkan ada sampai berukuran 100 x 100 cm.

 
Share this article :

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Jenis-Jenis Keramik"

Posting Komentar